Pengertian Pers Secara Etimologis & Menurut Para Ahli

Halo kawan kali ini admin akan menjelaskan tentang Pengertian Pers Menurut Para Ahli. Saya harap penjelasan ini bisa bermanfaat bagi kita semua :)

  Pengertian Pers



A. Pengertian Pers Secara Etimologis

 Istilah pers berasal dari bahasa Inggris, yaitu press yang artinya menekan. Kata menekan merujuk pada mesin cetak kuno yang harus ditekan dengan keras untuk menghasilkan karya cetak pada lembaran kertas. Seiring dengan perkembangan zaman, istilah pers kemudian meluas pada media elektronik, seperti radio, televisi, dan internet.

B. Pengertian Pers Menurut Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 Tentang Pers

 Pers adalah lembaga sosial dan wahana komunikasi massa yang melaksanakan kegiatan jurnalistik yang meliputi mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah, dan menyampaikan informasi baik dalam bentuk tulisan, suara, gambar, suara dan gambar, serta data dan grafik maupun dalam bentuk lainnya dengan media cetak, media elektronik, dan segala jenis saluran yang tersedia.

C. Pengertian Pers Menurut Ensiklopedia Pers Indonesia
 Pers merupakan sebutan bagi penerbit/perusahaan/kalangan yang berkaitan dengan media massa atau wartawan.

Pengertian Pers Menurut Para Ahli

1). J.C.T. Simorangkir
  • Pers dalam arti sempit hanya pada surat-surat kabar harian dan mingguan serta majalah. Adapun pers dalam arti luas selain surat kabar, majalah, dan tabloid mingguan, juga mencakup radio, televisi, dan film.
2).Oemar Seno Adji

  • Pers dalam arti sempit berarti penyiaran-penyiaran pikiran, gagasan, atau berita-berita dengan kata yang tertulis, sedangkan pers dalam arti luas memasukan di dalamnya semua media mass communications yang memancarkan pikiran dan perasaan seseorang baik dengan kata-kata tertulis maupun dengan lisan. Dengan demikian, dapat diketahui bahwa pers dalam arti sempit merupakan manifestasi dari freedom of the press, sedangkan pers dalam arti luas merupakan manifestasi dari freedom of the speech, dan keduanya tercakup oleh pengertian freedom of expression.


3). Kustadi Suhandang

  • Pers adalah seni atau keterampilan mecari, mengumpulkan, mengolah, menyusun, dan menyajikan berita tentang peristiwa yang terjadi sehari-hari secara indah dalam rangka memenuhi segala kebutuhan hati nurani khalayakna.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »