Pengertian Kolonialisme Dan Imperialisme, Akibat, Alasan Negara Imperialisme

Halo kawan kali ini admin akan menjelaskan tentang Kolonialisme Dan Imperialisme secara lengkap.  Saya harap bisa bermanfaat bagi kita semua :)

A. Kolonialisme.


  Kolonialisme berasal dari kata colonus yang berarti petani. Colonus dari bahasa Yunani, yang berarti petani yang mengerjakan sawah. Pada mulanya petani-petani Yunani pindah ke daerah lain karena tanah pertaniannya sudah tandus. Daerah itu disebut koloni. Kemudian, daerah koloni ini dikuasai untuk dijajah sehingga menjadi kolonialisme. Dengan demikian istilah tersebut mula-mula diberikan kepada para petani Yunani yang pindah dari negerinya yang tandus ke daerah lain yang lebih subur.

Kolonialisme Dan Imperialisme Pengertian Secara Lengkap
  
 Para colonus itu tetap menjalin hubungan dengan negara aslinya. Oleh negara asal petani tadi dianggap sebagai bagian dari negara induk dan harus tunduk pada negara asal. Dengan demikian, Kolonialisme adalah suatu sistem pemukiman warga suatu negara diluar wilayah induknya atau negara asalnya. Biasanya daerah koloni berada di seberang lautan dan kemudian dijadikan sebagai bagian dari wilayah mereka.

B. Imperialisme.

 Kata imperialisme berasal dari bahasa latin yaitu imperarre dan imperium. Imperare berarti memerintah dan Imperium berarti hak untuk memerintah. imperialisme dapat diartikan sebagai usaha suatu negara untuk menguasai negara lain demi kepentingan ekonomi, politik, dan budaya.

Kolonialisme Dan Imperialisme Pengertian Secara Lengkap

 Pada abad ke-19 istilah imperialisme muncul pertama kali di inggris pada waktu Disreali menjadi perdana menteri inggris. Cita-cita politik Disraeli yaitu memperluas Kerajaan inggris ke seluruh dunia. Cita-cita Disraeli tersebut mendapat reaksi dari kaum oposisi. Kaum oposisi yang menentang disebut dengan golongan Lttle England, Sedangkan para pendukung disebut dengan golongan imperator.
  Berdasarkan waktu munculnya, Imperialisme dibagi menjadi berikut.

1. Imperialisme Kuno
 Imperialisme kuno berlangsung sebelum terjadi revolusiisndutri yang tujuannya adalah untuk mencari kekayaan (gold) mencapai kejayaan (glory), dan menyebarkan agama nasrani (gospel). Imperialisme kuno dianut oleh Spanyol dan Portugis.

2. Imperialisme Modern
 Imperialisme modern berlangsung setelah Revolusi Industri. Penyebab munculnya imperialisme modern adalah keinginan negara penjajah mengembangkan perekonomiannya. Negara yang menganut paham ini melakukan pembangunan industri secara besar-besaran. Negara pelopor imperialisme modern adalah Inggris.

 Sebuah negara menjadi negara imperialisme disebabkan oleh alasan berikut.

  1. Keinginan untuk menjadi negara yang jaya.
  2. Perasaan sebagai bangsa istimewa (rasial superiority).
  3. Hasrat untuk menyebarkan agama atau ideologi.
  4. Letak negara yang tidak menguntungkan.
  5. Alasan ekonomi untuk mendapatkan kekayaan dari negara jajahan dan ikut serta dalam perdagangan dunia dengan cara merebut serta menguasai sumber perdagangan.
Imperialisme yang dilakukan negara Eropa tersebut memiliki dampak yang besar terhadap negara jajahan. Berikut adalah akibat imperialisme yang dilakukan negara Eropa.

1. Bidang Politik Dan Ekonomi
  Akibat imperialisme di bidang politik dan ekonomi membuat negara imperialis menjadi penguasa/negara besar dan kaya, Sedangkan negara yang di jajah bertambah miskin dan sebagai negara terjajah.
2. Bidang Sosial Dan Budaya
  Akibat imperialisme di bidang sosial dan budaya membuat kaum imperialis dapat hidup mewah dan menduduki strata tertinggi, Sedangkan rakyat jajahan hidup dengan kekurangan dan menderita serta strata yang rendah.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »