Perusahaan dagang : Deskripsi, Pengertian , Ciri-Ciri , Fungsi Perusahaan Dagang

  Halo teman, Kali ini admin akan memberikan beberapa pengertian dari perusahaan dagang dengan berbagai macam seperti Pengertian, Ciri-Ciri, Fungsi perusahaan dagang. Saya harap beberapa contoh dibawah ini bisa bermanfaat bagi kita semua :)

Deskripsi Perusahaan Dagang.

Kita telah mempelajari akuntansi untuk perusahaan jasa dengan menerapkan satu siklus akuntansi secara menyeluruh, Mulai dari pencatatan transaksi sampai dengan menyusun laporan keuangan dan menyiapkan neraca saldo setelah penutupan. Tidak berbeda dengan perusahaan jasa, tahapan siklus akuntansi perusahaan dagang sama dengan tahapan siklus akuntansi untuk perusahaan jasa. Namun, yang perlu diperhatikan adalah penggunaan akun dan ayat jurnal pada perusahaan dagang lebih kompleks dari perusahaan jasa.

Perusahaan dagang : Pengertian , Ciri-Ciri , Fungsi Perusahaan Dagang

1. Pengertian Perusahaan Dagang.

Perusahaan dagang adalah perusahaan yang kegiatannya membeli barang dan menjualnya kembali tanpa melakukan perubahan terhadap barang tersebut terlebih dahulu. Barang yang di jual dapat berupa bahan baku, barang setengah jadi, atau barang jadi,dapat pula hasil pertanian, perkebunan, atau industri.

2. Ciri-Ciri Perusahaan Dagang.
  1. Membeli dan menjual kembali barang tanpa mengolanya terlebih dahulu.
  2. Dalam proses akuntansinya terdapat akun persediaan barang dagangan,penghitungan harga pokok penjualan, Dan laporan laba/rugi yang dapat berbentuk single step atau multiple step.
  3. Menjual produk berupa barang berwujud.
3. Fungsi Perusahaan Dagang.
 Fungsi perusahaan dang adalah menjembatani antara produsen yang menghasilkan suatu produk tertentu dan konsumen yang membutuhkan produk tersebut. Perusahaan dagang juga berfungsi mempertemukan antara produsen dan konsumen, baik secara langsung maupun tidak langsung.


 Demikian pembahasan mngenai Perusahaan dagang semoga bermanfaat..



Share this

Related Posts

Previous
Next Post »