5 Faktor-Faktor Hubungan Internasioanal.

Halo kawan, kali ini admin akan menjelaskan tentang Hubungan Internasional dan saya harap bisa bisa bermanfaat bagi kita semua :)
5 Faktor-Faktor Hubungan Internasioanal.

 Setiap manusia pasti membutuhkan orang lain, karena sudah menjadi kodrat manusia sebagai mahluk sosial sehingga ia tidak bisa hidup sendiri tanpa bantuan orang lain. Begitu pula dengan sebuah pula dengan sebuah negara yang tidak bisa berdiri sendiri tanpa berhubungan dengan negara lain. Begitu pula dengan sebuah negara yang tidak bisa berdiri sendiri tanpa berhubungan dengan negara lain. Oleh karena itu, diperlukan suatu kerja sama dalam bentuk hubungan internasional.


 Seperti halnya negara-negara lain, Indonesia juga menjalin kerja sama dengan beberapa negara, Hubungan atau kerja sama dengan beberapa negara. Hubungan atau kerja sama internasional bersifat kompleks, Artinya meliputi berbagai macam segi kehidupan,dari politik, ekonomi, agama, sosial budaya, bahkan sampai segi keamanan.

Faktor-Faktor Hubungan Internasional.

Berikut ini adalah suatu negara yang melakukan hubungan internasional tentunya didorong oleh faktor-faktor tertentu,antara lain sebagai berikut.

  1. Faktor kodrat manusia sebagai mahluk sosial (zoon politicon) yang harus mengadakan kerja sama antar sesama.
  2. Faktor wilayah yang saling berjauhan akan mengakibatkan timbulnya kerja sama regioanal dan internasional.
  3. Faktor pertumbuhan bangsa dan negara itu sendiri.
  4. Faktor kepentingan nasional yang tidak selamanya dapat dipenuhi dalam negri sendiri
  5. Faktor tanggung jawab sebagai warga dunia untuk mewujudkan kehidupan dunia yang tertib, aman, damai, adil, dan merata.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »