Pengertian Gerakan Non Blok

 Halo kawan kali ini admin akan menjelaskan tentang Pengertian Gerakan Non Blok. Baru. Saya harap bisa bermanfaat bagi kita semua :)

 Ide awal mengenai perlunya organisasi negara-negara nonblok tercetus dalam Konferensi Asia Afrika (KAA) di Bandung pada tahun 1955. KAA menghasilkan Dasasila Bandung. Sebagai kelanjutan dari KAA, beberapa setuju membentuk suatu organisasi yang benar-benar bebas dari pengaruh dua negara adidaya. Oraganisasi tersebut dinamakan Gerakan Nonblok atau Nonaliged Movement.
 Gerakan Nonblok berdiri pada tanggal 1 September 1961 di Yogoslavia, Beograd, Pendiri GNB adalah Presiden Soekarno (Indonesia), Presiden Gamal Abdul Nasser (Mesir), Presiden Joseph Broz Tito (Yugoslavia), Presiden Kwarne Nikrumah, dan Perdana Menteri Pandit Jawaharlal Nehru.

Pengertian Gerakan Non Blok



Tujuan

 5 Tujuan GNB antara lain sebagai berikut.

  • Mengusahakan agar PBB berfungsi secara efektif.
  • Mengusahakan tercapainya pelucutan senjata secara umum dan menyeluruh di bawah pengawasan internasional yang efektif.
  • Mengusahakan kerja sama di segala bidang dalam rangka mewujudkan pembangunan ekonomi dan sosial serta tercapainya perdamaian dunia.
  • Mengusahakan terwujudnya tata ekonomi dunia baru.
  • Memelihara perdamaian dan keamanan internasional.
Peran Serta Indonesia dalam GNB

 Berikut adalah 4 peran serta Indonesia dalam GNB.
  • Indonesia sebagai salah satu negara pengundang pada KTT I GNB di Beogard, Yugoslavia.
  • Indonesia juga turut memecahkan masalah-masalah dunia berdasarkan perdamaian dunia, memperjuangkan HAM, dan tata ekonomi dunia yang berdasarkan pada asas keadilan.
  • Indonesia sebagai salah satu negara pemrakarsa GNB.
  • Pernah menjadi ketua GNB dari tahun 1992-1995 dan indonesia dipercaya menjadi tuan rumah KTT X GNB di Jakarta pada bulan September 1992. Peserta yang menhadiri KTT X GNB pada saat itu berjumlah 106.
Peran Gerakan Nonblok di Dunia Internasional

Negara-Negara anggota GNB pada masa Perang Dingin sering menjadi sasaran imperialisme Uni Soviet dan Amerika Serikat. Keduan blok berusaha menarik dan menanamkan pengaruhnya ke negara-negara anggota GNB. GNB muncul sebagai kekuatan netral (tidak memihak salah satu blok) dan berusaha meredam persaingan kedua blok tersebut dengan tidak menjadi anggota salah satu blok untuk menghindari pecahnya Perang Dunia ke III.

Demikian Penjelasan tentang  Pengertian Gerakan Non Blok. Semoga bermanfaat :)


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »