Merangkum Isi Pembicaraan Diskusi

Halo kawan, Kali ini admin akan menjelaskan tentang Merangkum Isi Pembicaraan Diskusi dan saya harap bisa bermanfaat bagi kita semua:)

 
  Diskusi merupakan suatu kegiatan bertukar pikiran permasalahan. Dalam diskusi, peserta berpikir bersama dan mengungkapkan pikirannya sehingga menanmbah wawasan dirinya akan permasalahan pada pandangan orang lain tentang permasalahan tersebut.
 Diskusi juga bermanfaat untuk memecahkan masalah. selain itu, diskusi juga dapat berguna untuk melatih keberanian mengungkapkan pendapat dan berpikir secara tepat, kritis, logis, dan objektif, serta melatih bersikap toleransi terhadap perbedaan pendapat yang ada.
Merangkum Isi Pembicaraan Diskusi

Hal-hal yang perlu diperhatikan ketika akan menentukan masalah untuk diskusi adalah sebagai berikut.

  1. Menarik perhatian para peserta.
  2. Sesuai dengan kapasitas pengetahuan para peserta.
  3. Sesuai dengan waktu dan situasi para peserta.
Dalam diskusi, Anda bisa memperoleh informasi penting yang dapat ditemukan pada pokok-pokok pembicaraan. Pokok-pokok pembicaraan tersebut meliputi hal-hal berikut.
  1. Orang yang melakukan pembicaraan atau mengungkapkan pendapat.
  2. Isi pembicaraan.
Setelah menangkap pokok-pokok pembicaraan, Anda dapat melaporkan pembicaraan diskusi dalam bentuk rangkuman dengan memperhatikan langkah-langkah berikut.
  1. Mencermati kembali pokok-pokok pembicaraan diskusi yang telah dicatat.
  2. Mengubah setiap pokok-pokok pembicaraan dalam kalimat yang lengkap.
  3. Merangkai kalimat menjadi paragraf yang runtut dan padu. Kalimat-kalimat tersebut disusun sesuai dengan urutan kejadian atau sebab akibat.


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »